"Public Relations and Marketing in Geronimo FM"
Jum'at, 31 Maret 2017
KOMMIK mengadakan kegiatan media visit ke salah satu Radio Swasta Siaran Nasional. Radio yang berada di frekuensi 106.1 FM ini sangat dekat dengan anak-anak muda.
Radio
Geronimo memiliki
visi yaitu menggagas kehidupan anak muda yang dinamis,
santun dalam bertindak, mempunyai cita-cita tinggi dan berpandangan luas
ke depan tanpa kehilangan latar belakang.
Sedangkan,
misi Radio Geronimo yaitu ingin selalu menemani dan membantu
mereka yang sedang mempersiapkan masa depan kehidupan selagi mereka
masih muda, dengan selalu mengingatkan pada dasar pijakan budaya dan selalu
sadar pada dinamika perubahan dalam wujud program media radio siaran.
Dalam kunjungan kemarin bersama teman-teman Korps Mahasiswa Manajemen Informasi dan Komunikasi Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta, membahas tentang Public Relations dan Marketing di Geronimo FM.
Ternyata, banyak sekali tugas seorang PRs di Geronimo. Layaknya seorang PRs diperusahaan lain, di Geronimo seorang PRs juga melakukan Branding, menjalin relasi dan kerjasama, serta meningkatkan strategi marketing mereka.
PT.
Radio Geronimo memiliki beberapa bidang usaha dan jenis-jenis kegiatan
sebagai berikut.
Pertama, PT. Radio Geronimo bergerak di bidang usaha jasa
radio siaran swasta nasional. Dalam menjalankan fungsinya sebagai media massa
elektronik, Geronimo FM menyampaikan informasi kepada masyarakat dan memenuhi
permintaan produsen/klien untuk menginformasikan produknya. Apabila
diperlukan, PT. Radio Geronimo juga membantu produsen/klien untuk menangani
kegiatan yang bersifat off-air melalui Geronimo Event Management.
Kedua,
dalam konteks internal Geronimo FM dikelola dengan tampilan Top 40
dengan selalu memperluas wawasan broadcaster-nya yang berfungsi sebagai kawan
berproses masyarakat Yogyakarta usia muda, serta meningkatkan keterampilan
masing-masing Sumber Daya Manusia (SDM) dan selalu inovatif dalam
mengelola radio.
Ketiga,
sedangkan untuk konteks eksternal, Geronimo FM aktif mengelola komunitas
anak muda Yogyakarta, termasuk mereka yang berjiwa muda dalam semangat
kebersamaan, mengelola jaringan bisnis yang berkait dengan radio dalam
konteks saling menguntungkan dan selalu menyuarakan keberadaan Geronimo
FM baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional.
Keempat,
selain radio, PT. Geronimo mengembangkan bisnis dengan membangun
sebuah cafe di Jalan Sagan Yogyakarta yang diberi nama Geronimo Cafe.
Untuk mempromosikan dan berinteraksi langsung dengan pendengarnya, Radio
Geronimo on-air secara live dari Geronimo Cafe setiap akhir bulan. Beberapa
program acara yang live dari Geronimo Cafe antara lain Kedai 24, Rocking
School, Blues Sesion, dan Ajang Musikal.
Geronimo juga memiliki beberapa Produk Unggulan, yaitu:
1. Radio
Siaran Swasta Nasional
2. Media
Masa Elektronik yang berfungsi menyampaikan informasi kepada masyarakat dan
memenuhi permintaan produsen/klien untuk menginformasikan produknya.
3. Geronimo
Event Management.
Sharing bersama Mba Chalida (Public Relations Geronimo FM) dan Mas Awang (Marketing Geronimo FM) juga membahas bagaimana Geronimo meningkatkan Brand Awareness, dengan bekerja sama dengan salah satu Mall yang ada di Yogyakarta yaitu dengan memasang sticker Geronimo FM di eskalator yang ada di Mall tersebut. Selain itu, juga ada cara lain dengan membagikan Merchandise kepada sahabat-sahabat Geronimo atau kepada pendengar setia Geronimo. Dengan tujuan, agar dibantu untuk mengenalkan Radio Geronimo.
Terimakasih untuk Mba Chalida dan Mas Awang untuk sharing2nya mengenai Public Relations and Marketing in Geronimo. Sangat bermanfaat untuk kami. Semoga kedepannya, bisa lebih sering lagi ngobrol bareng. Sukses terus Geronimo!👻
Love Jogja and You.
--
Nuryani Meilan Ambarwati
Head of Communication Departement of KOMMIK STMM Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar